Tim Penyidik Independen Resmi Dibubarkan

 

Jakarta (ANTARA) – Tim khusus penanganan kasus mafia hukum atau biasa disebut Tim Penyidik Independen, saat ini sudah resmi dibubarkan.

"Dari hasil pertemuan dengan Satgas Mafia Hukum, tim penyidik independen hari ini sudah dibubarkan dan kasus yang ditangani diserahkan ke Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri," kata Kepala Bidang Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat (Kabid Penum Div Humas) Polri, Kombes Pol Marwoto Soeto di Jakarta, Selasa.

Kasus yang sudah selesai diserahkan ke kejaksaan dan jumlah tersangka 12 orang, ujarnya.

Tim Independen Polri yang menangani mafia hukum kasus Gayus Tambunan dengan alasan sebagian besar penyidikan terhadap tersangka mafia hukum tersebut sudah diselesaikan, ujarnya.

Acara pembubaran itu dilakukan di Ruang Pertemuan Utama Mabes Polri, dihadiri Menko Polhukam Djoko Suyanto, dan Satgas Mafia Hukum Denny Indrayana.

"Pokoknya Pak Kuntoro Mangkusubroto ( Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan) yang nggak hadir," kata Marwoto.

Sebanyak 12 tersangka mafia hukum kasus korupsi dan pencucian uang oleh Gayus Halomoan Tambunan, sudah selesai penyidikannya dan dilimpahkan ke kejaksaan.

"Sampai ke SJ, Haposan (pengacara Gayus), itu yang sudah pelimpahan tahap dua para tersangka kasus Gayus, ada Kompol Arafat, Kapten (AKP Sri Sumartini, red), sudah dilimpahkan semuanya, kan tinggal sidang aja," kata Marwoto.

Sementara untuk dua tersangka terkait kasus Gayus, atasan Gayus berinisial HN dan MPM, penanganan kasusnya diserahkan ke Bareskrim Polri, termasuk mantan Kapolda Lampung Brigjen Pol. Edmon Ilyas dan mantan Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Raja Erizman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: