Pohon Pengisap Karbon Dioksida 1000x dari Pohon Biasa

Pohon Penghisap Karbon Dioksida 1000x dari pohon biasa

Posted by: irham setiawan on: July 26, 2009

synthetic_trees_400

Segala sesuatu dapat terjadi dimana saja, berawal dari tugas sekolah hingga menjadi hal hebat seperti ini. Tugas sekolah yang awalnya hanya untuk membuat mesin penghisap debu kemudian berlanjut menjadi pohon penghisap CO2 yang kekuatan menghisapnya 1000x lebih kuat dari pada pohon yang biasanya kita temui. Hal menakjubkan ini berasal dari profesor geofisika di Universitas Colombia, Amerika Serikat yang melihat tugas anak didiknya membuat penghisap debu kemudian dia kembangkan menjadi Pohon yang sangat beermanfaat untuk manusia ini.

Menakjubkan Bukan ??

Kapan yaaah indonesia bisa buat hal menakjubkan seperti ini.. mmhh.. jangan salah indonesia punya juga nanti saya akan menmpilkan penemuan yang dilakukan indonesia. mmhh.. mari kita lihat cara kerja mesin ini !!!

Begini neh !!scrubbing_air_graph_080508Satu pohon sintetis bisa menyerap karbon dioksida seluas satu hektare, atau setara dengan 90 ribu ton CO2 (emisi dari 15 ribu mobil) dalam setahun. Jika pohon sintetis bisa diproduksi massal dan efektif bekerja di negara-negara maju, emisi karbon di dunia bisa berkurang setidaknya seperlimanya.

Amerika Serikat luar biasa dalam soal penemuan seperti ini.

Kini Laboratorium Global Research Technologies, Colorado, mengembangkan pohon sintetis berbahan aluminium. Dan Komisi Energi Amerika telah menyetujuinya. “Tujuan akhir proyek ini adalah menyingkat 100 ribu tahun penyerapan polusi oleh pohon menjadi 30 menit saja,” kata Lackner kepada CNN pekan lalu.

Bentuk pohon sintetis mirip antena penyerap sinar ultraviolet–berukuran 30 x 5 meter. Dasar kerjanya sama, yakni menghadang karbon dioksida di udara. Seperti pohon asli, panel Lackner mampu mengembuskan oksigen. Sisa karbon bisa dipakai untuk mesin pengeboran minyak lepas pantai, hidrokarbon, atau avtur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: