Pilek dan Meler di pagi hari

tisu

teman sejati ketika pilek

Hidung tersumbat serta bersin memang penyakit yang tidak fatal, tapi bagaimana jika muncul hanya dini atau pagi hari? Seperti yang saya alami, kondisi wajib ketika bangun pagi adalah: pilek. Tapi pilek tersebut tidak bertahan lama, jika sudah agak siangan pasti berhenti sendiri, dengan kata lain penyebabnya adalah udara dingin pagi hari.Setelah di-google, saya baru ngeh kalau istilah medis untuk keadaan penyakit itu adalah Vasomotor Rhinitis. Seperti diungkapkan di wikipedia, selain udara dingin pagi hari, perubahan cuaca, suhu, atau tekanan barometrik, irritants kimia seperti asap, ozon, polusi, perfumes, dan semprot aerosol, stres psikologis emosional dan guncangan, beberapa jenis obat, alkohol, dan bahkan makanan pedas juga bisa menjadi penyebabnya.

Berikut, dikutip dari balipost…

Saluran nafas kita, secara alamiah memiliki pertahanan yang berlapis, mulai dari bulu hidung yang berfungsi menyaring debu/kotoran kasat mata, berlanjut dengan bulu-bulu halus yang terdapat pada permukaan (mukosa) saluran nafas, yang berfungsi untuk menyaring debu yang halus dan super halus, sampai dengan sistem pertahanan yang melibatkan antibodi atau sel pertahanan tubuh yang dikenal dengan sel darah putih. Sel inilah sebagai lapisan terakhir yang bertanggung jawab kalau ada benda asing, jasad renik, atau kuman yang lolos dari kedua macam pertahanan tersebut. Normalnya, jika ada sesuatu, debu, atau katakanlah benda asing yang masuk dalam saluran nafas kita, maka dengan sistem pertahanan yang berlapis itu benda asing akan terlontar keluar saat kita membuang nafas. Atau kalau dia sedikit “menggelitik” akan langsung dilontarkan melalui bersin atau batuk. Debu halus yang kadang tak dapat dilontarkan lewat bersin atau batuk sekalipun, akan segera didigelontor oleh cairan yang setiap saat selalu dikeluarkan oleh mukosa saluran nafas. Cairan itu berupa ingus di daerah hidung dan dahak di kerongkongan atau saluran nafas bawah. Keadaan mekanisme pertahanan yang sinkron dengan koordinasi yang rapi itulah yang membuat udara yang sampai di jaringan paru tempat oksigen yang dikandungnya diambil oleh sel darah merah, menjadi steril alias bebas dari kandungan segala macam benda asing. Dapat dibayangkan bagaimana sempurnanya mekanisme pertahanan ini, mengingat jumlah benda asing termasuk kuman yang berseliweran di udara yang selalu kita hirup setiap saat bernafas tanpa hentinya, menjadi benar-benar bersih dan steril.

Vasomotor Rhinitis ini muncul karena pertahanan diri yang cenderung lebih agresif dan lebih sensitif. Respon bersin atau sedikit cairan mukosa sebenarnya sudah memadai, tapi sel darah putih menganggap respon itu tidak cukup, sehingga dia menambah reaksi sampai menganggap semua benda asing harus diperangi, ini yang menyebabkan bersin  berulang-ulang. Secara teoritis, penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun hanya bisa dikurangi dengan cara menghindarkan diri dari situasi yang memberikan rangsangan. Bisa juga dengan cara menghangatkan hidung.

Di beberapa post menyebutkan, meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga atau memimum multivitamin bisa mengurangi gejala tersebut. Sedangkan meminum obat anti histamin (obat anti alergi) tidak dianjurkan karena dampaknya kurang baik untuk tubuh dalam jangka panjang. Begitu.

Source : http://rozzwin.wordpress.com/2009/02/12/pilek-di-pagi-hari/

Advertisements

One Response

  1. Baru mengalami hal ini pagi ini. Biasanya kalo emang flu, semalamnya pasti meriang atau apa, lah.

    Agak menyebalkan kalo hidung mendadak mbeler begini…

    *HATSYIH*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: