10 Alasan pindah ke Windows Server 2008 R2

 

Seperti anda tahu bahwa Windows Server 2008 R2, versi terakhir dari Windows Server telah dilaunching pada bulan Oktober tahun 2009. Sebagian fitur utama seperti Microsoft Hyper-V cukup mendapatkan perhatian tapi ada beberapa fitur baru yang dikenalkan pada versi terakhir ini.

Kembali ke laptop, berikut 10 alasan yang harus anda pertimbangkan untuk pindah ke Windows Server 2008 R2 selain Hyper-V, mungkin sebagian anda telah menggunakannya saat ini tapi ada baiknya kita bahas kembali.

  1. Out of the Box, Windows Server 2008 R2 menggunakan daya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows Server 2003 dan Windows Server 2008 pada hardware yang sama dengan konfigurasi yang sama. Ini bukan trik, tapi terbukti 10% sampai 15% pengurangan konsumsi daya pada server dengan spesifikasi yang sama dengan sistem operasi yang berbeda.

  2. Internet Information Services (IIS) 7.5, disertakan dengan Windows Server 2008 R2 dan pada Instalasi Server Core sudah mendukung .NET sehingga anda bisa menggunakan applikasi .NET pada instalasi Server Core. Hal ini merupakan kekurangan yang sangat besar efeknya bagi user pada saat Windows Server 2008 asli di luncurkan dan dengan versi R2 ini masalah ini sudah solved.

  3. Fiture Baru BranchCache dapat mempercepat akses ke file bagi user-user di kantor cabang selagi anda menyimpan data ke server yang sama sehingga hal ini bisa menghemat penggunaan bandwith dan berimbas semakin rendahnya cost bandwith.

  4. Remote Desktop Protocol (RDP) pada Windows Server 2008 R2 dan Windows 7 telah ditingkatkan  sehingga memungkinkan untuk melakukan video streaming yang jauh lebih halus, mendukung multi-monitor dan banyak lagi. Hal ini akan membuat anda merasa bekerja di Komputer sendiri (komputer sungguhan) pada saat melakukan remote ke Virtual Machine.

  5. Fitur Agile (smart/pintar) pada VPN yang ada pada Windows Server 2008 R2 memungkinkan sebuah koneksi VPN untuk menghasilkan beberapa jalur antara titik-titik diskrit dalam VPN Tunnel sehingga jika terjadi masalah maka fiture Agil VPN akan menggunakan jalur jaringan lain untuk menjaga tunnel tanpa gangguan sehingga koneksi VPN anda tetap tersambung (up)

  6. Dengan Fitur BitLocker to Go, anda sudah bisa mengamankan data yang ada pada USB flash anda sehingga data yang sudah di encrypt menggunakan BitLocker pada Windows Server 2008 R2, bisa anda buka pada Windows XP SP 2 keatas karena pada saat BitLocker anda aktivekan pada USB Flash anda, BitLocker to Go reader juga dicopykan ke dalamnya. Fiture BitLocker To Go ini juga sudah terdapat pada Windows 7.

  7. Offline Files, adalah sebuah fitur yang berguna bagi mobile users untuk tetap bisa mengakses file yang di share folder pada server saat koneksi jaringan terputus, saat ini pada Windows Server 2008 R2 ditingkatkan fungsinya pada koneksi yang lambat sehingga akan menghemat penggunakan bandwith dengan tanpa mengganggu kenyamanan user dalam mengakses file.

  8. IIS 7.5 pada Windows Server 2008 R2 sudah dilengkapi dengan Best Practices Analizer (BPA). BPA akan melakukan scanning terhadap environtment yang anda gunakan dan akan membandingkan dengan best practicenya dan hasilnya akan dilaporkan dalam bentuk format yang mudah dibaca sehingga membantu anda dalam menganalisa kebutuhan IIS anda.

  9. Power Shell pada Windows Server 2008 R2 juga mengalami penambahan fitur. Windows PowerShell 2.0, mencakup lebih dari 240 pre-built cmdlets bersamaan dengan antarmuka grafis dengan syntax yang berwarna, kemampuan baru script debuging dan testing tools

  10. Jika anda sudah menggunakan Windows Server 2008, mestinya anda sudah memiliki Client Access License atau CAL, anda tidak perlu lagi membeli CAL baru jika anda pindah ke Windows Server 2008 R2 (untuk kebenarannya, please confirmasi ke Account Manager anda)

Semoga bermanfaat bagi kita semua, jika anda merasa ini bermanfaat, anda boleh manfaatkan informasi diatas tapi jika ada yang perlu diperbaiki, silahkan berikan komentar yang membangun

Sumber : searchwindowsserver.techtarget.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: