Hacking dengan nMap

 

nMap (Networking Map) adalah software/tools yang masih populer digunakan dikalangan hacker. nMap digunakan untuk menscan port dan memetakan jaringan komputer. nMap akan mengetahui celah yang ada dalam sebuah jaringan administrator yang memiliki tingkat keamanan rendah sehingga berpotensi untuk dilakukan penyusupan.

Jika anda pernah melihat film trilogi Matrix, dalam film itu diperlihatkan adegan penyerangan sebuah komputer. Maka anda harus tahu bahwa tools yang diperlihatkan dalam film tersebut adalah nMap. Menarik bukan, untuk mencobanya silakan download softwarenya gratis disini.

Secara teori, celah dalam port jaringan memiliki kondisi berikut ini:

Open – Closed

Filtered – Unfiltered

Open/Filtered – Closed/Unfiltered

Hacking menggunakan nMap akan menampilkan port-port yang dianggap Open dan Filtered. Port-port dalam komputer jaringan yang berjumlah kurang lebih 65.000 kadang tidak semuanya dalam kondisi Closed, maka dengan menggunakan nMap kita akan mengetahui port mana yang terkondisi Unclosed. Sedangkan port yang terfilter (Filtered) dikarenakan firewall dalam jaringan masih aktif. Jika tidak maka paket yang keluar masuk dapat juga kita lihat, he..he

Terdapat tiga macam tipe serangan yang digunakan dalam hacking nMap, yaitu:

1. SYN SCAN, ini adalah tipe serangan yang paling mudah dan banyak digunakan. Syn Scan akan menampilkan hasil serangan lebih cepat, namun kelemahanya hasil yang ditampilkan tidak spesifik (umum).

2. FIN SCAN, Metode serangan ini lebih akaurat dibanding SYN SCAN. Fin Scan akan menampilkan jenis- jenis paket yang terfilter dan kelemahan firewall. Dengan meggunakan metode serangan ini, penyerang dapat mengetahui kelemahan sistem yang akan diserang sebelum melakukan serang lebih lanjut.

3. ACK SCAN, Port yang terfilter atau tidak akan ditampilkan disini. Tipe serangan ini adalah yang paling spesifik dan menampilkan hasil yang sangat akurat. Bagi anda yang terbiasa menggunakan nMap, maka tipe serangan ketiga ini yang sering digunakan meskipun sedikit rumit.

Sudah memahami tipe-tipe serangan dalam nMap? okey serakang prakteknya. Saya menggunakan Linux (Ubuntu) untuk penyerangan target.

Misalnya target adalah http://www.target.com, berikut contoh penyerangan menggunakan ketiga jenis serangan yang telah saya jelaskan di atas tadi.

SYN SCAN:

#nmap -sS-T4 http://www.target.com (www.target.com dapat juga diganti dengan IP Komputer target)

FIN SCAN:

#nmap -sF-T4 http://www.target.com

ACK SCAN:

#nmap -sA -T4 http://www.target.com

Biasanya dengan menggunakan metode ACK SCAN, port- port yang tertutup (Closed) akan tereliminasi/tidak ditampilkan. Ini akan memudahkan kita mengetahui celah mana yang terbuka dan serangan.

Mudah bukan?.. ini hanya dasar-dasar penggunaan nMap. Untuk mengetahui berbagai perintah yang lebih komplek, anda bisa mengunjungi situs resminya dan belajar dari forum yang membahas mengenai serangan nMap.

Hacking menggunakan nMap dapat berjalan di semua sistem operasi juga berlaku untuk semua jaringan dengan perangkatnya. Selamat Mencoba..

sumber :http://idecapung.blogspot.com/2009/10/hacking-dengan-nmap.html

Advertisements

4 Responses

  1. pernah aku coba…seru mas…

  2. hehehe…yang seneng ngopreks…mantaps deh..kept your spirit flame…hehehe

  3. tapi smadav agak usil juga….gimana mas…..

  4. iya tuh memang usil EXE yang baik malah di hapus..hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: