3 Akun Yang Sebaiknya Dimiliki Oleh Blogger

Current Account

Ada banyak sekali aplikasi web (contoh: YouTube, Gravatar, dll) yang dapat anda gunakan untuk memaksimalkan kegiatan blogging anda.  Untuk menggunakan aplikasi tersebut, anda membutuhkan akun untuk mengaksesnya. Menariknya, dewasa ini tidak semua aplikasi membutuhkan akunnya masing-masing. Ada akun yang dapat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi web sekaligus. Menarik bukan?

Sekarang, ada banyak sekali akun yang dapat anda miliki. Namun apa akun yang penting untuk dimiliki bagi blogger untuk memaksimalkan kegiatan ngeblognya? Berikut ini tiga akun ‘wajib‘ dan beberapa akun ‘sunnah‘ yang saya rasa sangat esensial untuk dimiliki untuk blogger:

Google Account

Google Account

Jika anda sign up (mendaftar) ke gmail atau layanan google lainnya, secara otomatis anda telah memiliki Google Account. Apa yang dapat kita lakukan dengan Google Account? Dengan Google Account, anda bisa mengakses:

  • Gmail – salah satu layanan web mail paling oke
  • Google Analytics – Tools yang dapat anda gunakan untuk mengetahui traffic blog anda
  • Google ReaderRSS Feed reader. Sangat membantu untuk tetap up to date dengan post terbaru dari blog-blog lain yang anda sukai
  • Google Docs – aplikasi pengolahan dokumen online (seperti microsoft word namun online) yang sangat berguna untuk pengolahan dokumen secara kolaboratif. Jika blog anda dikelola lebih dari satu orang, aplikasi ini akan sangat berguna untuk anda
  • Blogspot – layanan blogging milik Google yang sangat fleksibel untuk digunakan
  • Google Friend Connect – Aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat blog anda lebih “social
  • YouTube – yap, Google Account dapat digunakan untuk mengakses YouTube. Memposting video ke posting anda akan menjadi mudah kan? Upload video ke YouTube, lalu embed di post anda. Voila!

Akun WordPress

Sign Up to WordPress

Akun ini sangat penting terutama bagi anda yang ngeblog menggunakan platform blogging wordpress. Anda bisa mendapatkan WordPress Account dengan sign up ke wordpress.com. Dengan akun ini, anda bisa mengakses:

  • WordPress.com – layanan blogging yang sangat keren berbasis project open source paling populer didunia
  • API Key Akismet – anda yang menggunakan self hosted wordpress blog tahu betapa pentingnya aksimet untuk menangkal SPAM. Untuk mengaktifkan akismet, anda membutuhkan API Key Akismet. API Key akismet ini bisa anda dapatkan di dashboard wordpress.com anda
  • Gravatar – lihat foto yang muncul di kolom komentar? Foto tersebut muncul melalui aplikasi Gravatar. Dewasa ini, secara de facto gravatar sudah menjadi semacam standar untuk avatar pada area komentar (karena banyaknya jumlah blog berbasis wordpress). Dan ya, gravatar dapat langsung anda akses jika anda memiliki akun wordpress.

Akun Slideshare

Slideshare Account

Sudah tahu slideshare? Sederhananya, slideshare adalah YouTube untuk slide presentasi. Berbeda dengan dua akun diatas, akun slideshare hanya dapat digunakan untuk mengakses situs slideshare saja. Namun dengan akun ini, anda bisa mengakses slideshare, mengunggah slide presentasi atau pdf dan meng-embedd nya ke blog post anda. Untuk anda yang banyak berbicara menggunakan slide dan ingin berbagi dengan audience blog anda melalui slide presentasi, anda wajib memiliki akun slideshare.

Akun – Akun lainnya

Selain tiga akun diatas, ada juga beberapa akun lain yang saya rekomendasikan anda untuk miliki:

  • Akun Twitter – meskipun fungsionalitas utama twitter adalah microblogging, namun karena popularitasnya ada banyak sekali aplikasi web yang dapat anda gunakan dengan log in melalui akun twitter anda.
  • Akun Facebook – ambisi facebook untuk ‘menghubungkan dunia’ membuat mereka merilis facebook connect. Dengan facebook connect, anda bisa log in ke situs lain dengan profile facebook anda. Salah satu contoh aplikasi yang dapat anda gunakan dengan akun facebook anda adalah formspring. Anda juga bisa membuat facebook page dan fanbox untuk blog anda melalui akun facebook.
  • Akun Disqus – disqus adalah commenting system intuitif yang mengoptimalkan fitur komentar blog. Ketika berkomentar di situs yang menggunakan disqus, komentar anda akan dikumpulkan oleh Disqus sehingga anda akan tahu dimana saja anda berkomentar. Lebih lengkap mengenai disqus dapat anda lihat disini. Anyway, automattic (pengembang wordpress) juga memiliki aplikasi commenting serupa dengan disqus bernama intensedebate.
  • Yahoo ID! – Ada beberapa layanan Yahoo terkait dengan blogging seperti flickr dan mybloglog yang dapat anda akses menggunakan Yahoo! ID.  Jika anda memiliki akun Yahoo! Mail, secara otomatis anda memiliki Yahoo! ID
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: