Cara Mudah Memasang Alexa Sitemeter di WordPress

Apa itu Alexa Rank?

Sebelumnya, saya ulas secara singkat apa itu alexa? Alexa umumnya merupakan nama yang sering disebut untuk menunjukkan Alexa Rank yang disediakan secara gratis oleh alexa.com (salah satu anak perusahaan amazon).

logo-button2

Alexa Rank sendiri adalah ranking trafik suatu situs atau blog. Ranking ini menunjukkan jumlah pengunjung dan jumlah page view (halaman yang dilihat pengunjung) dan dihitung berdasarkan kurun waktu 3 bulanan. Semakin kecil nilai alexa, semakin besar popularitas suatu situs atau blog. Dengan kata lain, jumlah pengunjung dan halaman yang dilihat di blog itu semakin banyak.

Sebagai gambaran, blog atau situs disebut populer bila nilai alexa-nya di bawah 50,000. Situs mana yang paling populer di seluruh dunia? Jawabannya adalah Google dengan ranking alexa 1.
Cara pasang Alexa

Kenapa kita perlu memasang widget Alexa? Ya, untuk mengetahui ranking trafik blog kita dengan mudah. Pengalaman saya, saat widget alexa belum terpasang, saya harus berkunjung ke alexa.com untuk mengetahui trafik blog ini. Repot banget deh.

Anyway, di bawah ini adalah cara memasang alexa pada blog wordpress.

*
Silakan kunjungi http://www.alexa.com
*
Klik tab For Site Owner
*
Klik Learn More pada bagian Site Widgets.
*
Pada kolom Alexa Traffic Rank Button, masukkan URL blog Anda, lalu klik Build Widget.
*
Akan muncul kode java scrift beserta banner-nya. Tentukan banner yang Anda maui.
*
STOP, jangan copy kode java script tersebut walaupun ada instruksi untuk meng-copy-nya. Bila Anda copy dan paste di widget blog wordpress Anda, dijamin alexa rank gak terpasang.
*
Yang harus Anda lakukan adalah blok kode java script dan banner tersebut menggunakan kursor Anda, lalu klik kanan dan COPY.
*
Login ke blog wordpress Anda, dan pilih ADD NEW POST
*
Paste di tempat biasa kita membuat postingan.
*
Hapus sebagian gambar yang terlihat, dan sisakan hanya satu yaitu gambar widget (lihat gambar di bawah)

gambar cara mudah memasang alexa di wordpress

Klik tab HTML. Blok kode HTML yang muncul HANYA dari , lalu COPY. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

gambar cara mudah memasang alexa di wordpress.HTML

*
Pilih Appereance dan klik Widget
*
Bila Anda belum menggunakan widget TEXT, drag widget ini ke bagian sisi kanan, lalu klik tanda segi tiga ke bawahnya. Bila Anda sebelumnya sudah menggunakan widget text, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik tanda segitiga ke bawahnya.
*
PASTE kode HTML tadi, lalu klik SAVE. Lihat contohnya di bawah ini.

gambar cara mudah memasang alexa di wordpress.widget

Untuk mengetahui tampilannya, klik kanan VISIT SITE.

Nah, itulah cara memasang widget alexa di blog wordpress., mudah kan…??? Selamat mencoba. Jangan lupa, beri komentar postingan ini ya, baik Anda berhasil memasang maupun tidak berhasil. Dalam kasus tidak berhasil memasangnya, saya akan menginformasikan solusinya dengan menjawab komentar Anda.

Advertisements

6 Responses

  1. Sudah kucoba hasilnya tetap gagal……………………..

  2. saya sudah coba tapi kok hasilnya no data.
    memang saya belum bisa masukin meta tag dari Alexa.
    cara masukin meta tag di root directory wordpress saya gimana ya Mas..
    mohon pencerahannya.
    Terima kasih..

  3. gimana sih tidak berhasil ,yang keluar cuma tulisan site infonya doang,
    kenapa sih

  4. hehehe harus pake insting narok nya.

  5. Mantep mas tutornya, trims. anasqu.wordpress.com

  6. Terima kasi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: